Perhatikan hal ini jika tak ingin Keyboard Anda Hang/Rusak !

Perhatikan hal ini jika tak ingin Keyboard Anda Hang/Rusak !

Perbaikan Keyboard dan Service Organ Tunggal 

Keyboard dengan merk yamaha, roland, korg, casio , technics dan lainnya dapat juga mengalammi kerusakan seperti padam total, hang, hanya lampu pada lcd layar yang hidup, keyboard sering restart menjadi momok bagi para sobat player keyboard.

Kerusakan keyboard yang disebutkan seperti atas bukan hanya semerta-merta dikarenakan terjadi cacat pada komponen keyboard anda, melainkan diakibatkan karena kelalaian pengguna memperhatikan hal-hal penting berikut ini !

1. Voltase

Yah... pada intinya setiap keyboard memiliki tegangan kerja yang harus tersedia secara baik dan stabil, dengan kata lain jumlah voltase yang harus anda sediakan harus tetap berada dalam pengukuran 220 volt, tidak boleh lebih maupun kurang

Pada penerapannya jumlah arus yang disuplai secara baik ( 220 volt ) akan membuat komponen-komponen pada keyboard dapat bekerja dengan baik dan benar, nah sebagai solusi !, anda dapat menggunakan Stavol ataupun baik menggunakan UPS.

Hal ini dapat membantu agar suplai arus listrik yang dibutuhkan keyboard dapat terpenuhi dan tanpa ada gangguan yang mengakibatkan kerusakan pada komponen keyboard, tidak dianjurkan untuk langsung menghubungkan konektor arus listrik pada keyboard (Adapter) langsung dengan stop kontak pada rumah anda.

Dikarenakan arus yang langsung tersuplai tidak dapat memberikan jaminan kestabilan arus listrik yang nantinya akan disuplai langsung ke keyboard anda.

2. Tingkat Panas pada komponen Keyboard

Pada setiap komponen yang terdapat pada keyboard memberikan tingkat panas yang berbeda-beda pada masing-masing komponen, yang perlu anda jaga dan ketahui adalah tingkat panas menyeluruh yang dihasilkan keyboard tersebut dan bagaimana cara mengantisipasi agar komponen tetap terjaga agar selalu normal atau dingin.

Tingkat panas yang berlebih tidak hanya memperpendek umur komponen pada keyboard, melainkan juga sebagai faktor pemicu timbulnya kerusakan pada komponen keyboard tersebut.

Jika dibutuhkan sistem pendinginan diluar sistem pendingin yang disediakan oleh keyboard maka ada baiknya dapat dilakukan hal tersebut untuk mengantisipasi hal ini.

Desain casing keyboard yang tergolong tertutup membuat hawa panas yang ditimbulkan komponen tidak dapat keluar, nah untuk menyikapi hal tersebut harus dilakukan beberapa modifikasi untuk dapat memasang pendingin (colling/kipas) sebagai antisipasi apabila panas komponen berlebihan.

3. Penggunaan sistem pada keyboard

Penting untuk memperhatikan hal ini dikarenakan pada point 3 ini banyak para pengguna keyboard yang lalai dan beranggapan sepele padahal hal ini juga dapat menyebabkan keyboard menjadi tidak dapat bekerja dengan baik, 

sebagai hal yang perlu anda ketahui adalah selalu mengembalikan fitur menu / tampilan awal pada keyboard apabila hendak mematikan/nonaktifkan keyboard tersebut, tidak dianjurkan menekan tombol off jika keyboard sedang beroperasi seperti sedang memutar style / song

Selalu mengembalikan pada settingan awal pabrikan atau kata lain (Factory reset) apabila settingan pada keyboard sudah mulai anda anggap berbeda dari sebelumnya.

Ok!, mungkin itu saja yang dapat saya berikan perihal penyebab hang/rusaknya komponen yang terdapat pada keyboard



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top